Banner 468 x 60px

 

Selasa, 02 Agustus 2016

MODEL KOMUNIKASI CLIENT SERVER

0 komentar


MODEL KOMUNIKASI CLIENT-SERVER

Model komunikasi client-server adalah model komunikasi dua arah yang berjalan ketika client meminta sebuah layanan dari server. Model komunikasi client-server harus berjalan dengan aturan yang sama. Semua proses berjalan dua arah, client dan server saling berinteraksi, dan server hanya berjalan ketika client meminta layanan darinya.



Gambar diatas adalah cara client dan server berkomunikasi, secara sederhana model komunikasi client-server ialah :
1)   Pertama-tama, server berada di dalam state (keadaan) LISTEN. Di dalam state LISTEN ini, server menunggu dan siap menerima permintaan konesi dari client. Dalam hal ini, server membuka port dengan nomor tertentu yang diketahui oleh client. Disana ada service yang berjalan di pihak server atau ada deamon yang berjalan dan menunggu port tertentu di pihak server.
2)   Hubungan antara client dengan server dimulai oleh client yang bertindak meminta suatu koneksi ke server. Paketnya berupa Request Connection pada gambar diatas.
3)   Bila server menerima permintaan ini, server akan membalasnya dan memberitahu client bahwa permintaannya diterima berupa Accept Connection dari server seperti pada gambar diatas. Pada titik ini koneksi antara client dengan server sudah terjalin.
4)   Setelah terjalinnya koneksi, client dapat mengirimkan data ke server. Begitu pula dengan server boleh saling mengirimkan data antara satu dengan lainnya yang disebut Data Transfer.
5)   Setelah data selesai dikirim, client maupun server dapat saling mengakhiri koneksi tersebut. Hal ini dikatakan sebagai Close Connection seperti gambar diatas.


Hal diatas merupakan model komunikasi client-server yang telah disederhanakan. Model ini cukup memberikan gambaran kepada kita bagaimana komunikasi antara client dan server secara garis besar.

0 komentar:

Posting Komentar

Cara Mudah Menghitung IP Address, Subnet Mask dan Host

Sekarang mari kita berpaling kepada topic utama artikel ini, yaitu menghitung ketiga variabel diatas dengan rumus yang tergolong mudah. Dala...